Senin, 06 Juli 2015

Alasan Menbutuhkan Jasa Kontraktor dan desiain

Property, baik itu rumah atau bangunan komesil adalah investasi jangka panjang dan investasi bernilai tinggi, sangat tinggi, tanpa perencanaan yang tepat dapat membuat kerugian besar dan bahkan penyesalan seumur hidup. Berikut ini beberapa hal yang dapat terjadi tanpa menggunakan jasa arsitek profesional:
  1. Pemborosan akibat salah desain. Anda dapat saja dengan mudah menggambar denah rumah dan menyerahkannya kepada tukang. Namun hasil yang didapat belum tentu sesuai dengan ekspektasi Anda. Dalam pembangunan suatu bangunan diperlukan tidak hanya sekedar gambar denah, namun juga harus disertai berbagai gambar teknis lainnya seperti gambar struktur pondasi, gambar struktur tiang balok, gambar pemipaan dan gambar kelistrikan (MEP), gambar kusen dan pintu, dstnya. Semua detail itu wajib adanya agar bangunan Anda terhindar dari kesalahan desain apalagi kesalahan struktur.
  2. Terjadinya kesalahan struktur (Pondasi, Kolom, Balok, Pembesian, dll). Jika tidak menggunakan jasa arsitek, kemungkinan besar Anda akan menerapkan  pembangunan yang membahayakan Anda sendiri. Dengan struktur yang asal-asalan, bisa saja property Anda tidak bertahan lama atau bahkan roboh ketika ada goncangan sedikit saja. Property yang dirancang oleh arsitek berpengalaman akan mencegah berbagai permasalahan teknis yang biasanya terjadi di lapangan. Misalnya untuk menghindari terjadinya kesalahan struktur, sang arsitek yang baik selalu berdiskusi dengan ahli struktur berpengalaman dalam pembuatan desainnya.
  3. Pembongkaran akibat ketidak-sesuaian maksud pemilik. Tanpa gambar konsep denah dan gambar teknis yang lengkap, sangat riskan memicu kesalah-pahaman antara Pemilik dengan tukang, pemborong atau kontraktor. Klien bermaksud hasilnya A si pelaksana membangun dengan hasil A1 atau bahkan B. Jika hal ini terjadi klien hanya punya 2 pilihan. Pasrah dan meratapi hasilnya atau terpaksa membongkar dan membangun ulang. Hal ini sangatlah merugikan waktu, uang, dan tenaga, jauh lebih besar daripada biaya investasi untuk menggunakan jasa arsitek.
  4. Property yang tidak nyaman. Bagaimana perasaan Anda jika memiliki rumah atau property yang tidak nyaman dari sisi tata ruang yang sembraut dan tidak karuan? Kemungkinan besar Anda akan merasa tidak betah tinggal berlama-lama di tempat itu ataupun hidup Anda jadi tidak efektif dan tidak efisien. Kalo sudah begini, bukankah sia-sia rasanya investasi besar Anda?
  5. Property yang jelek dan tidak berestetika. Apakah Anda ingin membangun rasa bangga atau rasa malu? Itu tergantung Anda. Untuk memiliki rumah atau property yang cantik dan membanggakan, klien sangat memerlukan bantuan dari jasa arsitek berpengalaman yang memiliki sentuhan seni dan perhitungan yang akurat.
  6. Dibangun mahal, dijual tidak laku. Hal ini sering terjadi jika klien hanya ingin cepat mendapat cash flow dengan membuat property secara cepat tapi direncanakan dengan asal-asalan tanpa konsultan arsitek. Mungkin saja klien diberikan informasi biaya yang kemahalan dari apa yang seharusnya, namun, biaya mahal tersebut tidak serta merta diimbangin dengan value atau nilai yang dihasilkan. Semahal apapun investasi property Anda, jika strukturnya salah atau tidak aman, tata ruangnya amburadul, estetikanya kurang atau tampilannya tidak proposional, maka siap-siap property tersebut tidak laku dijual ataupun harus dijual dengan banting harga.
  7. Hemat tidak menggunakan jasa arsitek, tapi boros renovasi di sana-sini. Anda mungkin bisa saja hemat beberapa persen (persentase arsitek biasanya kurang lebih 4-5% dari nilai RAB), namun property yang dibangun tanpa perencanaan matang dari arsitek biasanya rentan menimbulkan masalah. Masalah-masalah yang muncul bahkan bisa menggerus keuangan Anda jauh lebih banyak. Misalkan ada kesalahan struktural, maka mau tidak mau Anda harus renovasi demi keselamatan Anda dan keluarga, biayanya bisa mencapai lebih dari 50% dari dana sebelumnya yang sudah dikeluarkan. Apakah bijak mempertaruhkan segalanya hanya demi hemat sedikit? Ini kembali kepada Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar